SELEKSI DAN MANAJEMEN PROYEK

 Seleksi dan Manajemen Proyek - Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)


   Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) merupakan suatu aplikasi kepegawaian yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaaan. Aplikasi kepegawaian menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi, perusahaaan ataupun perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian. 


Metode Agile

    Metode agile adalah pendekatan khusus untuk manajemen proyek yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Metode ini membantu tim dalam merespon ketidakpastian pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan incremental berulang yang umumnya disebut sprint.

    Metode ini akan sangat sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang sering berganti-ganti seiring jalannya proyek karena metode ini diciptakan untuk menyesuaikan kondisi proyek berdasarkan perubahan di tengah proses manajemen.

    Bagi tim developer, penggunaan Agile seperti Scrum dapat menguntungkan anggota tim dengan mengurangi pekerjaan yang tidak produktif dan memberi mereka lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan yang mereka sukai. Tak hanya itu, manajer produk dan proyek juga mendapatkan manfaat saat menggunakan Agile Development Method. Dengan Scrum dapat membuat penyelarasan antara pekerjaan dan kebutuhan klien lebih mudah dengan cara memberikan kesempatan untuk memprioritaskan pekerjaan dan memastikan pengiriman nilai maksimum.

Rencana Kerja

ID

Nama

Durasi (Hari)

Ketergantugan

Status

1

Perencanaan

14


Open

1.1 

Perencanaan Sistem

7


Open

1.2

Perundingan Kebutuhan

7


Open

1.3

Perencanaan Sumber Daya

7


Open

1.4

Perencanaan Biaya

7

1.1

Open

1.5

Analisis Resiko

7


Open

2

Desain

12


Open

2.1

Desain UI/UX

7


Open

2.2

Desain Database

5


Open

2.3

Desain Arsitektur

5

2.2

Open

3

Pengembangan

30


Open

3.1

Pengembangan Aplikasi

23


Open

3.2

Pengembangan Database

7

3.1

Open

4

Pengujian

21


Open

4.1

Pengujian Kinerja

7


Open

4.2

Pengujian Sistem

7


Open

5

Pengelolaan

13


Open

5.1

Dokumentasi Isu yang Ditemukan

5


Open

5.2

Perbaikan Bug

3

5.1

Open

5.3

Penambahan Fitur

5


Open

Perencanaan Tim


Role

Description

Assigned to

Project Manager

Bertugas mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek sesuai batasan yang sudah ditentukan.

Ahmad

UI/UX Designer

Bertugas merancang desain antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi. 

Zaki

Front-end Developer

Bertanggung jawab atas komposisi tampilan sebuah website dan aplikasi.

Dede

Back-end Developer

Bertanggung jawab dalam menyimpan dan mengatur data, serta memastikan hal yang ada pada sisi klien berfungsi dan tidak bermasalah.

Dodo

Product Owner

Bertugas untuk menentukan prioritas suatu pengembangan seperti, apa yang harus dibangung lebih dulu, apakah ada penambahan fitur baru, memperbaiki bug, dan lain sebagainya.

Husein

Requirement Analyst

Bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mendokumentasikan persyaratan untuk perangkat lunak, memastikan bahwa mereka jelas, lengkap, dan dapat diuji.

Ucup

Data Analyst

Bertugas membaca serta menganalisis data yang ada dari perusahaan dalam rangka keberlangsungan perusahaan tersebut.

Kasja

Manajemen Resiko

Project SIMPEG pasti memiliki resiko dalam pengembangannya. Berikut kira - kira rincian resiko yang kemungkinan terjadi :

KODE

AREA

RESIKO

R01

Ruang Lingkup

Perubahan fitur dari klien

R02

Client membatalkan kontrak proyek

R03

SDM

Kurang koordinasi dan kerjasama di dalam tim proyek

R04

Kurangnya SDM untuk mengerjakan tugas tertentu

R05

Anggota tim masih awam tentang penggunaan framework untuk implementasi koding sistem informasi

R06

Anggota tim lalai dalam mengerjakan tugasnya

R07

Kualitas

Kualitas produk di bawah standar client

R08

Minimnya jumlah dan kualitas dokumentasi produk yang harus dibuat dan disampaikan kepada end-user

R09

Terjadi error pada sistem

R10

Aplikasi yang dibangun tidak berjalan sebagaimana mestinya

R11

Komunikasi

Kurangnya komunikasi dengan key stakeholder

R12

Kurangnya komunikasi sesama tim proyek

R13

Waktu

Perkiraan jadwal yang tidak sesuai yang direncanakan

Referensi

Perencanaan dan Pengelolaan Proyek

Seleksi dan Manajemen Proyek


Comments

Popular posts from this blog

EVALUASI AKHIR SEMESTER-PBKK

MEMBUAT APLIKASI DICE ROLLER

LATIHAN MEMBUAT APLIKASI WPF