LATIHAN MEMBUAT APLIKASI DESKTOP SEDERHANA

 APLIKASI DESKTOP SEDERHANA


    Kali ini saya mencoba membuat aplikasi desktop sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# dan .NET Frameworks. Aplikasi yang coba saya buat adalah aplikasi kalkulator. Tetapi kali ini saya membuat aplikasi ini tidak menggunakan template langsung di Visual Studio, melainkan saya mencoba membuat aplikasi melalui Unity karena Unity juga memiliki .NET Framework. Karena saya menggunakan Unity, aplikasi yang saya buat masih belum selesai dan bahkan tidak menampilkan apapun, hanya menampilkan form window nya saja tanpa ada tombol atau textbox. Aplikasi yang saya buat di Unity ini masih memiliki error yang belum bisa saya ketahui penyebabnya. Berikut adalah source code dan project setup yang sudah saya buat :

1. Project Unity

    Gambar di atas adalah setup project yang ada di dalam Unity saya. Project tersebut berisi script C#, dan dua file .dll yang bertugas untuk nantinya membuat Windows Form di dalam Unity. Dua file .dll tersebut adalah System.Drawing.dll dan System.Forms.Windows.dll yang keduanya sebenarnya sudah ada di dalam folder Unity, kemudian saya import dan saya masukkan ke dalam project sebagai syarat untuk membuat Windows Form. 

2. Source Code

    Kemudian untuk source code adalah sebagai berikut : 

a.) Header

Berikut ini adalah header yang diperlukan di dalam code.

b. Class

Selanjutnya adalah class utama di dalam code. Di dalamnya ada beberapa bisa dibilang sebagai variabel untuk membuat komponen Windows Form maupun komponen yang ada di dalamnya seperti tombol dan textbox.

c. Membuat Form Window
Berikut adalah code untuk membuat form window.

d. Membuat Tombol
Code tersebut adalah salah satu code untuk membuat tombol. Isi dari code tersebut adalah nama tombol, text yang tertera di dalam tombol, lokasi peletakan tombol dan size dari tombol.

e. Membuat Text Box
Dan potongan code terakhir adalah membuat text box. Sama halnya dengan tombol, text box juga dibuat dengan komponen text yang ada di dalam textbox, nama textbox, size, lokasi, dan lain - lain.

3. Hasil


Hasil dari project Unity adalah seperti di atas. Aplikasi hanya menampilkan form window kosong padahal seharusnya sudah ada tombol dan textbox di dalamnya.


Sebelumnya, terdapat pesan error seperti di atas. Pesan tersebut masih belum bisa saya pecahkan dan perlu saya pelajari lebih lanjut.


Comments

Popular posts from this blog

EVALUASI AKHIR SEMESTER-PBKK

MEMBUAT APLIKASI DICE ROLLER

LATIHAN MEMBUAT APLIKASI WPF